Galih Enggar Founder of WowThemes.net and creator of "Mediumish" theme that you're currently previewing. Developing professional premium themes, templates, plugins, scripts since 2012. No comments

Cara Memilih Mobil Bekas Berkualitas

Cara Memilih Mobil Bekas Berkualitas
Mobil Bekas Berkualitas 

Cara Memilih Mobil Bekas Berkualitas. Silahkan kita ulas mengenai panduan tepat dalam memilih mobil bekas berkualitas. Bersamaan dengan adanya banyak rekan yang bertanya cara memilih mobil bekas, saya juga meringkas beberapa poin utama yang perlu jadi perhatian saat memilih mobil bekas.

Meskipun saya sendiri bukan pakar di bagian otomotif, tetapi karena famili saya bekerja di bagian itu, saya banyak belajar mengenai sangkut-paut dan panduan dalam memilih mobil bekas. Bahkan juga, kami memilih mobil bekas sebagai mobil pertama kami, karena selainnya pas dengan bujet, kwalitasnya masih tetap bagus dan siap gunakan. Kepuasan rekan kami pada mobil yang kami pilihkan buat mereka ialah kebahagiaan untuk kami juga.

Saat sebelum memilih mobil bekas, sebaiknya kita ketahui lebih dulu beberapa jenis mobil pada umumnya, kenapa memilih mobil bekas, dan panduan memilih mobil bekas berkualitas. Kita tahu jika membeli mobil bekas menjadi jalan keluar untuk kita yang tidak mempunyai dana yang cukup buat membeli mobil baru. Selainnya harga yang lebih dapat dijangkau, pajak untuk mobil bekas lebih rendah dibanding mobil baru.

Tetapi, kita harus menimbang banyak hal supaya tidak menyesal sesudah membeli mobil bekas. Tidak boleh tergesa-gesa dalam membeli mobil bekas dan tidak boleh dipengaruhi pada harga yang murah, sebab bisa jadi mobil itu alami banyak kerusakan. Bila kita tidak cermat dan jeli dalam memilih mobil bekas, karena itu kita bisa jadi alami rugi.

Maka bila kamu ingin memilih mobil bekas berkualitas, pikirkan beberapa tips yang kami beri dan tidak boleh sangsi untuk minta kontribusi pakar di bagian otomotif. Memilih mobil bekas yang berkualitas akan memberi faedah besar untuk kamu di masa datang. Selamat memilih mobil bekas yang pas!

Kenapa Memilih Mobil Bekas ?

1.Siap Gunakan / Tanpa Inden

Nikmatnya membeli mobil bekas ialah mobilnya dapat dikemudikan langsung. Lain perihal nya dengan mobil baru. Kemungkinan dapat kita menyaksikan fisiknya di dealer sah, tetapi untuk memiliki umumnya harus menanti sekian hari untuk dapat sampai ditangan kita. Bila momies inginkan mobil yang ready siap gunakan, mobil bekas berkualitas lah jalan keluarnya.

2.Harga Murah/Dapat di Nego

Untuk membeli satu barang atau benada tentu kita menimbang harga nya. Worth it tidak dengan faedah yang hendak kita peroleh? Mobil bekas ialah mobil yang condong memiliki harga yang murah. Hingga banyak opsi supaya sesuai bujet yang kita punya.

3.Banyak Opsi

Banyak mobil bekas yang berjejer-jejer di showroom. Momies tinggal tentukan saja yang sama sesuai bujet dan kwalitasnya.

Tersebut tiga argumen khusus seorang memilih membeli mobil bekas. Walau demikian, jangan cuman tentukan mobil ya momies. Harus betul-betul di check. Benarkah pantas di kendarai setiap hari ? atau apa worth it di antara harga dan kwalitasnya?

Berikut 7 Cara Memilih Mobil Bekas Berkualitas

Cara Memilih Mobil Bekas Berkualitas
Memilih Mobil Bekas Berkualitas 

Saat sebelum kamu membeli mobil bekas karena itu ada banyak hal yang penting kamu pikirkan, seperti keadaan mesin, keadaan ban mobil, dan sebagainya. Seharusnya saat membeli mobil bekas, kamu ajak orang yang telah memahami berkenaan otomotif supaya kamu tidak dirugikan. Apa lagi bila pemula yang belum mengetahui banyak mengenai dunia otomotif.

1. Membeli Mobil Bekas Yang Sama sesuai Dengan Kantong

Seharusnya kamu membeli mobil bekas secara tunai dan bukan credit karena bill-nya akan membesar tiap bulannya. Dalam membeli mobil bekas, kamu dapat samakan dengan bujet yang sudah kamu punyai. Misalnya, kamu cuma mempunyai uang 80 juta karena itu kamu dapat membeli mobil bekas Honda Jazz 2005 tanpa perlu kamu credit.

Karena bila credit karena itu kamu harus bayar bunga dan angsuran tiap bulannya. Ini sama juga, kamu bayar mobil bekas 2x lipat dari harga sebelumnya. Tetapi, bila credit ialah opsi terbaik karena itu kamu dapat lakukan DP yang lebih besar atau periode waktu pelunasan pembayarannya yang panjang. Maksudnya supaya ongkos angsuran /bulan tidak besar.

2. Check Sisi Exterior

Saat sebelum membeli mobil bekas karena itu kamu harus mengecek sisi exterior pada mobil bekas yang terbagi dalam body mobil, ban mobil, mesin, cat pada body mobil, accu mobil, kampas rem, dan suspensi. Janganlah sampai kamu tertipu dengan body mobil yang wah tetapi sisi exterior lainnya alami kerusakan. Berikut cara memeriksa sisi luar mobil supaya tidak salah dalan memilih.

  • Ban Mobil

Jika ban mobil sudah aus karena itu umumnya permukaan ban bisa menjadi lembut. Saat kamu lakukan tes drive dan rasakan banyak getaran pada mobil bekas yang akan dibeli, bisa saja ban mobilnya kekurangan penekanan angin atau ada kerusakan pada bagian kaki-kaki yang tidak kelihatan.

  • Mesin Mobil

Bila mesin mobil sudah dirawat baik karena itu umumnya tidak kelihatan beberapa sisa debu pada mesin. Tetapi, bila si pemiliknya dulu jarang-jarang menjaga mesin mobil maka kelihatan beberapa sisa kotoran dan debu pada mesin.

Disamping itu, untuk pastikan mesin mobil pada kondisi baik saja, kamu dapat menghidupkan mesin sepanjang 5 sampai 10 menit. Bila kedengar bunyi atau suara tersendat-sendat karena itu mesin mobilnya tidak berperan secara baik dan check warna asap mobil yang dikeluarkan oleh mobil bekas itu.

  • Accu dan Cairan Pelumas Mobil

Check peranan electronic pada mobil bekas apa gampang distarter atau mungkin tidak. Jika susah untuk distarter karena itu bisa saja accu mobilnya memiliki masalah. Disamping itu, kamu harus juga mengecek lampu dan suara klakson pada mobil bekas itu.

Jika lampu mobilnya tidak secerah dari awal sebelumnya dan suara klakson tidak terlalu besar karena itu accu mobilnya sudah memiliki masalah. Selainnya accu mobil, kamu harus juga menyaksikan keadaan oli pada mobil bekas itu. Yakinkan oli mobil warna hitam, dan kandungan air radiator, air wiper, oli garden, minyak rem sesuai ukurannya masing-masing.

  • Bodi Mobil

Pilih mobil bekas yang belum sempat diubah karena kita sebagai konsumen tidak pahami sisi mana yang sudah digantinya. Apa lagi bila mobil itu sudah memodifikasi berat, seperti lakukan pemangkasan di bagian suspensi karena itu dapat mengakibatkan perform mobil itu menyusut.

Kamu harus juga betul-betul mempelajari sisi mobil bekas itu, cemasnya mobil itu pernah merasakan kecelakaan atau tergenang banjir. Bila kamu temukan bekas kecelakaan pada body mobil bekas itu. Sebaiknya untuk menimbang pilihan mobil bekas lainnya.

Coba di ketuk perlahan adakah suara kaleng atau telah mengeluarkan bunyi yang deep. Jika saat ini masih kaleng bermakna saat ini masih orisinal atau tidak pernah di dempul. Apa dempulannya bagus atau mungkin tidak, dan dapat di tanda-tandakan jika kendaraaan ini perndah nabrak.

  • Lihat Keadaan Suspensi Mobil

Jika suspensi pada mobil bekas memiliki masalah karena itu mobil akan kelihatan tidak imbang. Pemicunya, mobil kerap dipakai untuk mengusung beberapa hal yang berat. Untuk mengecek suspensi, kamu bisa juga menyaksikannya saat tutup bagasi mobil. Jika mobilnya seperti terlihat berayun-ayun karena itu suspensi mobil itu memiliki masalah.

3. Check Kelengkapan Document Mobil Bekas

Saat kamu sedang memilih mobil bekas untuk dibeli. Hal pertama kali yang harus kamu tanya ke pemiliknya ialah document mobil. Ini penting untuk dilaksanakan karena untuk menghindar penipuan dan pastikan apa pemilik mobil rajin bayar pajak BPKB.

Disamping itu, yakinkan apa STNK dan BPKB itu asli atau mungkin tidak. Karena saat ini banyak kasus pemalsuan STNK dan BPKB. Untuk memeriksa orisinalitas STNK dan BPKB, kamu dapat mencocokan di antara nomor yang tertera pada STNK dan BPKB bernomor kerangka dan nomor mesin mobil.

4. Check Sisi Interior Mobil

Saat membeli mobil bekas, sisi interior mobil penting juga untuk dilaksanakan peninjauan. Misalnya memeriksa sisi AC mobil, head unit, parsneling, dan kemudi mobil. Jika AC mobil tidak dingin kembali, bisa saja kekurangan oli kompressor. Kamu harus juga pastikan jika kemudi mobil bisa berperan secara baik. Jika kemudi mobil tergetar, pemicunya ada kemungkinan di kerusakan pada ban dan suspensi.

5. Kerjakan Tes Drive

Coba hidupkan mesin, lalu rasakan irama dari mesin. Mesin yang baik semestinya konstan (tidak ndut-ndutan/pincang). Check jika saat ini masih keluar air di knalpot maknanya kompresi mesin saat ini masih bagus (tetapi hal tersebut cuma bisa disaksikan pada pagi hari/saat udara dingin). Check apa di tempat mesin ada serapan oli atau mungkin tidak, bila iya coba periksa dengan menghidupkan mesin.- Check servis record Coba di check apa mobil yang kita harapkan mempunyai kisah servis di bengkel sah. Bila iya maknanya mobil tersebut terurus.

Sangat penting untuk lakukan tes drive sepanjang kemungkinan saat sebelum membeli mobil bekas. Maksudnya untuk memeriksa perform mesin pada mobil. Bila kamu cuma lakukan test drive dalam jarak dekat karena itu kemungkinan perform mesin mobil bekas tersebut pantas.

Apa lagi bila si pemilik mobil itu nakal karena itu ia akan servis mobil itu ala-ala kandungannya supaya waktu kamu mencoba, mobil pada kondisi baik.

Maka dari itu, sangat penting untuk lakukan test drive dengan efisien saat sebelum kamu menyesal masa datang. Tidak boleh tentukan mobil karena wujud mobilnya terlihat sporti, nanum mesin mobil alami banyak kerusakan.

6. Check Catatan Servis Pada Mobil Bekas Itu

Pilih mobil bekas yang teratur diservice. Ini sangat penting buat kamu lihat. Jika mobil bekas teratur diservice, automatis perform mobil tetap tampil oke. Berbedada dengan mobil yang jarang-jarang diservice, perform mobil akan turun. Hingga kamu akan keluarkan uang banyak cuma untuk servis mobil bekas itu . Maka, pilih mobil bekas yang dengan teratur diservice oleh pemilik awalnya.

7. Mengajak Orang Yang Memahami Akan Otomotif

Kenapa ini juga penting dilaksanakan saat sebelum membeli mobil bekas? Karena ada beberapa peristiwa penjual mobil bekas akan mainkan emosi sang konsumen dengan menjelaskan jika mobil ini pada keadaan mulus tetapi sesudah digunakan banyak cacatnya.

Jadi orang yang pemula di dunia otomotif jadi tidak ada kelirunya ajak rekan atau profesional di bagian otomotif untuk turut memandang mobil bekas yang mana patut dibeli.

Nach itulah 7 cara memilih mobil bekas berkualitas yang harus kamu lihat saat sebelum membeli mobil bekas. Janganlah sampai kamu salah tentukan dalam membeli mobil bekas ya!

Tipe Mobil Bekas Berkualitas

Cara Memilih Mobil Bekas Berkualitas
Cara Memilih Mobil Bekas Berkualitas 

  • Sedan

Mobil yang umumnya nyaman dipakai sebagai citycar. Mobil yang memuat optimal lima orang. Mobil ini termasuk sangatlah konstan dan kurang sempoyong saat dipakai untuk menikung. Contoh mobil sedan misalnya Toyota Vios, Toyota Corolla Altis, Honda City, Honda Civic, Honda Accord, Hyundai Avega dan lain-lain yang lain.

  • MPV

MPV atau Multi Purpose Vehicle. Mobil ini umumnya bisa memuat tujuh orang. Mobil yang rekomen untuk jadi mobil keluarga. Umumnya mobil MPV mempunyai suspensi yang halus supaya nyaman dikemudikan saat dengan keluarga besra. Ada beragam jenis contoh mobil MPV misalnya Toyota Kijang Innova, Honda Mobilio,Mistubishi Xpander, Suzuki Ertiga dan lain-lain.

  • SUV

Kepanjangan SUV ialah Sport Utility Vehicle. Sport dalam mobil ini bermakna mobil yang multi-fungsi. Ya mobil keluarga, ya mobil offroad. Mobil ini kuat di semua medan karena didesain semakin tinggi dan design ban yang lain dengan mobil MPV. Contoh mobil SUV ialah Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Rush, Wuling Almaz, Toyota Fortuner, Hyundai Kona dan lain-lain.

  • Hatchback

Tipe mobil citycar yang mempunyai pangkalani seperti sedan. Bedanya dengan sedan berada pada bagasi nya dan tingkat kelimbungan mobil. Bagasi pada sedan berada di bagian ekor dan terpisah di antara tempat duduk belakang dengan bagasi, lain perihal nya dengan Hatchback yang letak bagasinya bersisihan dengan tempat duduk belakang. Contoh mobil hatchback ialah Daihatsu Ayla, Toyota Agya, Honda Jazz, Honda Brio, Toyota Yaris, Nissan March dan lain-lain.

Comments (0)

Post a Comment

Cancel