Bagaimana Pengoptimalan Konten Blog?
Bagaimana Pengoptimalan Konten Blog? |
Banyak pemasar dulu berpikir bahwa konten & SEO adalah
pemain yang terpisah. Mereka sangat salah. Mari kita cari tahu bagaimana Anda
bisa mendapatkan keuntungan dari sinergi mereka.
Mereka mengatakan bahwa konten adalah raja.
Meskipun terdengar klise, ada banyak kebenaran tentang itu.
SEO dan konten saling berhubungan.
(Dengan kata lain: tidak ada gunanya melakukan SEO jika
konten Anda sampah).
Itulah mengapa kami memutuskan untuk membagikan beberapa tip
praktis dalam membuat strategi konten yang sukses dalam panduan SEO ini.
Identifikasi topik & organisasi
Strategi konten Anda harus didasarkan pada pemahaman yang
tepat tentang niche Anda dan kebutuhan audiens Anda.
Kami telah membahas langkah pertama dalam proses ini –
menemukan kata kunci yang tepat – di bab sebelumnya. Langkah kedua adalah
mengidentifikasi topik.
Sekarang, banyak kali kata kunci juga merupakan topik yang
berdiri sendiri. Tapi tidak selalu seperti itu.
Katakanlah Anda menjalankan blog pemasaran online dan Anda
akan menemukan beberapa kata kunci seperti:
1. cara memulai blog
2. cara membuat blog
3. bagaimana Anda memulai sebuah blog?
4. cara memulai blog sendiri
Anda mungkin memperhatikan bahwa meskipun kata-katanya
berbeda, semuanya tentang hal yang sama – membuat blog.
Tidak masuk akal untuk membuat posting terpisah untuk
masing-masing. Sebagai gantinya, kami mengelompokkannya ke dalam satu topik –
cara membuat blog – dan membahasnya dalam panduan komprehensif yang berpotensi
memberi peringkat untuk masing-masing kata kunci ini.
(Jika Anda melakukan analisis SERP cepat, Anda akan melihat
bahwa hasil pencarian hampir sama untuk semuanya).
Setelah Anda menetapkan topik, Anda dapat kembali ke tingkat
kata kunci dan memilih salah satu yang paling mewakili topik Anda – kata kunci
fokus (juga disebut kata kunci target).
Untuk memilih kata kunci fokus, Anda harus mengikuti
prinsip-prinsip penelitian kata kunci yang telah kita bahas secara luas di bab
sebelumnya – pertimbangkan volume pencarian, kesulitan, dan relevansinya .
Bagaimana cara mengatur topik?
Cara yang bagus untuk merencanakan dan mengatur topik Anda
adalah dengan menggunakan apa yang disebut hub konten.
Hub konten adalah kumpulan halaman yang semuanya terkait
dengan topik tertentu.
Halaman-halaman tersebut saling terkait dan memberikan
gambaran umum tentang topik tersebut serta wawasan yang lebih dalam tentang
sub-topik.
Ada dua jenis konten untuk mencapai itu:
· Konten pilar – halaman pilar yang memberikan gambaran umum tentang topik yang luas, biasanya menargetkan kata kunci yang luas (misalnya joging)
· Konten cluster – halaman pendukung yang berfokus pada subtopik dalam tema secara detail (misalnya manfaat joging, sepatu joging, kesalahan joging)
Strategi ini memiliki banyak manfaat:
Anda memberikan nilai lebih bagi pembaca Anda dengan
membahas setiap topik secara mendetail – mereka tidak perlu mengunjungi situs
web lain untuk mempelajari semua tentang topik tertentu
Anda dipaksa untuk merencanakan dan menyusun konten Anda dan
mencakup semua kata kunci penting dari niche Anda secara sistematis
Anda meningkatkan otoritas Anda dalam topik tertentu dengan
menghubungkan halaman yang terkait erat secara topikal
Fokus optimasi kata kunci
Setelah Anda memiliki kata kunci fokus, Anda harus menggunakannya
untuk mengoptimalkan halaman Anda untuk topik yang diberikan.
Berikut daftar semua elemen yang memungkinkan Anda dapat
menggunakan kata kunci fokus:
· Tag judul dan deskripsi meta
· URL
· Judul dan subjudul
· teks isi
· Metadata gambar
· Teks jangkar dari tautan internal
Belajar SEO tidak hanya memperhatikan dari sisi On-Page saja
pastinya, masih banyak hal yang harus kita pelajari, khususnya bagi para pemula
Comments (0)
Post a Comment
Cancel